Kenapa Seorang Perokok Masih Bisa Tetap Sehat? Ini Penjelasan dan Tipsnya

Kita tau bahwa selama ini rokok dapat menyebabkan penyakit hipotensi, gangguan janin dan kehamilan, penyakit jantung, hipertensi dan sebagainya. Tapi kenapa kok ada yang merokok tetap sehat? Bahkan dalam sehari bisa menghabiskan rokok satu sampai dua pack, dan juga banyak perokok sampai usia 60-70 tahun masih tetap sehat.

Memang kalau bicara soal merokok ini masih kontroversial, jadi jika anda bertanya apakah boleh merokok kepada dokter yang merokok tentunya saja jawabannya boleh, namun jika bertanya pada dokter yang tidak merokok tentu jawabannya tidak boleh. Pada umumnya seperti itu, namun tidak semuanya begitu. Jadi untuk masalah merokok ini diperbolehkan apa tidak itu terserah pribadi masing-masing.

Kenapa Seorang Perokok Masih Bisa Tetap Sehat

Kebanyakan para perokok jika sehari saja tidak merokok mereka merasa pusing, stress dan sebagainya. Bagi mereka para perokok sangat sulit sekali atau bahkan tidak bisa jika disuruh berhenti merokok, namun jika untuk mengurangi rokok masih bisa.

Seseorang bisa jatuh sakit tentu saja ada faktor-faktor resiko yang membuat mereka sakit. Jadi hal ini yang harus anda pahami terlebih dahulu, karena jika anda jatuh sakit itu bukan karena hanya satu faktor saja seperti rokok tetapi masih banyak yang lain.

Kenapa anda yang tidak merokok masih tetap sakit, mungkin karena anda tidak menjaga faktor-faktor resiko berikut ini:
  • Tidak menjaga berat badan
  • Pola makan yang kurang sehat
  • Pola tidur yang tidak teratur
  • Stress karena masalah kerjaan atau keluarga
  • Kurang rekreasi
  • Polusi udara
  • Kurang olahraga

Jadi faktor-faktor yang membuat anda sakit itu banyak bukan hanya karena merokok, yang tidak merokok saja tetap bisa jatuh sakit. Tapi sering kali kita menyalahkan rokok atau seorang perokok jika kita atau keluarga yang jatuh sakit. Jadi disini saya tidak membela rokok yaa... Namun disini saya hanya memberikan fakta bahwa banyak faktor yang menyebabkan anda sakit.

Namun kenapa mereka yang suka merokok kok bisa berumur panjang? Nah, mungkin mereka para perokok hanya melanggar satu atau dua dari beberapa faktor-faktor penyebab sakit tersebut.

Terus apa yang harus dilakukan agar tetap sehat walaupun merokok??


Ada salah seorang perokok yang sudah berusia paruh baya atau sekitar 50 tahun, dia setiap hari selalu berolahraga minimal lari 3km dan bahkan dia ikut olahraga marathon. Jadi anda bayangkan seorang perokok masih aktif olahraga dan makan makanan yang bergizi, serta juga ikut olahraga Triathlon. Triathlon adalah olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga berenang, lari sprint dan bersepeda.

Jadi tips untuk anda para perokok yang ingin tetap sehat yaitu dengan menjalani olahraga yang rutin, setiap akan melakukan olahraga anda harus berhenti merokok sejenak. Dan jika sudah selesai olahraga anda bisa untuk merokok. Namun jumlah rokok yang anda konsumsi per harinya itu juga sangat mempengaruhi kesehatan anda.

Mungkin jika anda dalam keadaan stress lalu anda merokok dan stress anda berkurang, namun jika anda sedang stress kemudian merokok sampai menghabiskan 4-5 pack rokok tentu akan mempengaruhi kesehatan anda terutama paru-paru dan organ tubuh lainnya.

Nah jika anda sehari menghabiskan 4-5 pack rokok, lalu apa yang harus anda lakukan jika ingin berhenti merokok?
  1. Jangan langsung berhenti merokok, karena ketika anda langsung berhenti merokok maka otak yang terbiasa dengan zat-zat dalam rokok (salah satunya nicotine) akan menderita karena tidak mendapat asupan zat-zat tersebut lagi.
  2. Kurangi merokok secara perlahan, jika dalam sehari biasanya 5 pack maka kurangi menjadi 4 pack, terus beberapa hari berjalan menjadi 3 pack, 2 pack, 1 pack. Kemudian terus dikurangi jumlahnya dan lama kelamaan anda bisa berhenti merokok.
  3. Hal itu harus ada kemauan dalam diri anda, tidak bisa hanya ada di mulut saja. Jadi anda harus bersungguh-sungguh untuk berhenti merokok.

Jadi bagi anda yang ingin berhenti merokok lakukanlah tips-tips di atas, dan satu hal lagi ketika anda sedang stress atau ada masalah alihkan perhatian anda ke hal-hal yang lebih positif dari pada anda merokok. Contohnya melakukan olahraga, sepakbola, atau bergabung dengan teman-teman anda yang juga suka melakukan hal-hal yang positif.

Itulah beberapa penjelasan kenapa perokok masih tetap sehat dan juga ada sedikit tips merokok namun tetap sehat dan juga tips agar bisa berhenti merokok. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya khususnya para perokok, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel